Home > Android, Opini > Google dan Kehidupan Sehari Hari

Google dan Kehidupan Sehari Hari

Halo Sobat. Seperti biasa, tangan ane gatel lagi nih. hihihi..
Kali ini ane lagi kepikiran sama yang namanya Mbah Google. Heleh, la wong Google og dipikirin to, Kang? Yah, secara ane baru nyadar kalau ternyata Google dan produk-produk turunannya udah berpengaruh kuat dalam kehidupan ane.

Contoh sederhananya nih, pas ane lagi ngerjain tugas kelompok sama temen-temen terus susah nyari sumbernya, secara spontan temen ane nyeletuk. “Yaudah sih, gugling aja” atau “Tanya sama Mbah Google dong”. Tuh kan, sampai secara gak sadar pun, efeknya google udah menjalar sampai ke kehidupan nyata. Belum pernah ada tuh temen yang ngomong, “Yaudah sih, nge-Bing aja” atau “Tanya aja sama Mbah Ask.com”, bahkan Yahoo! Search yang dulu begitu populer sekarang juga udah mulai ditinggalkan sama penggunanya.

Jujur aja, ane kagum sama perusahaan ini, mulai dari produk-produknya sampai pada budaya kerja pegawainya yang terkesan nyantai. Bayangin aja, berawal dari core bisnisnya sebagai mesin pencari yang terus berlanjut sampai sekarang ke perusahaan berbasis iklan. Akan tetapi, walaupun ane kagum, bukan berarti ane mendewakan Google lho ya. FYI, di luar negeri sana ada sekte atau aliran sesat yang menganggap Google sebagai Dewa. Jangan diikutin ya, Sob. Google tu perusahaan yang dibuat oleh manusia juga, jadi gak sepantasnya Google di-Tuhankan. Musyrik itu namanya.

Back to Topic. Apabila ane ditanya apa yang paling enak dari Google dan produk-produknya? Secara pasti ane akan jawab = GRATIS.. Hehehe.. Sebagai mahasiswa yang uang sakunya pas-pasan, ini adalah kata yang sakral buat ane. Hehehe.. Bayangin aja seandainya layanan Google tiba-tiba harus bayar, pasti bakal kelabakan nih ane, kayaknya Sobat juga bakal kelabakan deh. Hehehe.. Mau nyari sesuatu di Google  harus bayar, mau nonton video di youtube bayar lagi, mau ngirim email di gmail bayar lagi. Tidaaaaaakk.. Bisa bangkrut ane.

Menurut ane nih, Google dan kegratisannya itu jugalah yang bisa bikin perusahaan ini makin meraksasa. Kalau sejak dulu layanan Google dikenai biaya, mungkin Google gak akan segede ini sekarang. Tapi buat apa juga Google mungutin biaya dari penggunanya? Lha wong pendapatan mereka dari iklan aja udah bejibun. Tentu mereka gak akan mengambil resiko kehilangan sebagian besar pengguna hanya karena mereka menarik bayaran dari para penggunanya.

Setelah dipikir-pikir, ane ini sangat bergantung sama yang namanya Google lho. Entah harus bangga atau sedih mengetahui kenyataan ini. Berikut ini daftar produk-produk Google yang sering ane pake:

  1. Google Search

    gak usah dikasih tau juga pasti ngerti fungsinya..😀
  2. Google Chrome

    browser andalan ane nih, selain cepet, ringan aman juga.
  3. Gmail

    layanan email yang paling perfect menurut ane.
  4. Android

    Ini pasti tau kan? OS mobile paling populer saat ini
  5. Youtube

    kalau mau liat video online kemana? pasti kesini.
  6. Google Maps

    nah, sering ane pake ini. apalagi pas mau jalan ke tempat yang ane belum pernah kunjungi.
  7. Google Nexus S

    hape ane sekarang. :-D
  8. Google Translate

    banyak fungsinya nih, bisa buat bantu ngerjain tugas, bantu buat ngegombal, bahkan cuma buat iseng-isengan
  9. Picasa

    penampil fotonya punya Google, Sob.
  10. Google+

    ini jejaring sosial yang digadang-gadang bakal jadi pesaingnya Facebook, tapi kayaknya bakal gagal deh. (Ampun Mbah Google.. Peace)

Tuh kan, belum apa-apa udah ada 10 produknya google yang ane pake, belum lagi yang belum kesebut diatas. Selain yang diatas, Google masih punya banyak produk lain kayak Google Sky Map, Google Earth, Google Street View, dll. Jadi, daftar diatas masih bisa nambah lagi. Hmm.. Apakah ane salah ya terlalu bergantung sama Mbah Google? Tapi ada enaknya juga lho. Hanya dengan satu akun google yang kita punyai, kita bisa masuk ke seluruh produk-produk Google. Istilahnya, one for all gitu deh. Selain itu, ane juga bisa ngeback-up data-data penting ane ke servernya Google.     Loh? Google bisa tau data-data kita juga dong? Iya mungkin, ane juga kagak ngerti. Emang di jaman serba online gini, privasi menjadi hal yang mahal harganya.

Nah, kalau Sobat sendiri gimana? Apakah memiliki ketergantungan yang sama kayak ane? Boleh dong share juga.

Categories: Android, Opini Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

